OBAMA SI PRESIDEN KULIT HITAM

Published November 6, 2011 by riesna27

BAB : PRASANGKA DISKRIMINASI DAN ETNOSENTRIS

Obama itu unik. Tak banyak orang yang memiliki begitu rupa paduan latar belakang. Punya bapak orang Kenya, ibu asli AS, lahir di Hawai, bapak tiri orang Indonesia, SD pernah di Jakarta, dan separo kulit hitam. Ringkasnya, latar belakangnya mirip pelangi.

Orang-orang yang punya latar belakang aneka warna macam ini semestinya akan lebih toleran terhadap perbedaan, mereka jadi lebih empati. Apalagi Obama yang separo kulit hitam pasti juga merasakan bagaimana sulitnya posisi kulit hitam dibanding kulit putih. Ini diharapkan akan turut berpengaruh terhadap kebijakan AS nantinya.

Obama juga bisa jadi contoh bagaimana orang yang bukan siapa-siapa mampu mencapai puncak sukses. Dia bukan berasal dari keluarga aristokrat politik AS. Beda seperti Kennedy atau Roosevelt, yang bapak, simbah, atau sepupunya merupakan tokoh politik penting. Itu yang kemudian diklaim Obama sebagai bukti kalau American Dreams itu masih ada.

Dia selamanya fenomenal. Dari tokoh yang baru dikenal secara nasional tahun 2004 sehabis ditunjuk untuk memberikan pidato utama pada Konvensi Nasional Demokrat, eh 4 tahun kemudian dah nangkring jadi presiden. Dan yang bikin geli, pada Konvensi Nasional Demokrat tahun 2000, dia sempet diusir, ga diperbolehkan masuk ruangan gara-gara kartu pengenalnya bermasalah.

Begitulah, gabungan dari latar belakang unik, kepiawaian berpidato, pendidikan yang tinggi, pengalaman di grass root, tema kampanye yang segar, muda, dan kerja keras.

Satu isi pidatonya yang saya ingat kira-kira begini: Saya bukanlah laki-laki sempurna. Saya pun tidak akan menjadi presiden yang sempurna. Tapi satu yang bisa saya janjikan kepada Anda. Saya akan selalu jujur kepada Anda. Saya akan selalu menyampaikan kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Saya akan selalu terbuka kepada Anda. Dan yang paling penting, saya akan mendengarkan Anda, mengajak Anda turut berperan serta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: