PERANGI KEMISKINAN INFORMASI DI AFRIKA DENGAN SMS

Published December 17, 2011 by riesna27

BAB : ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN KEMISKINAN

Banyak cara untuk mengikis jurang kesenjangan informasi. Di Afrika misalnya, dengan alasan kondisi di negara tersebut yang lebih banyak pengguna ponsel ketimbang internet, maka dipilih cara yang lebih mengeksploitasi perangkat genggam itu.
Hal inilah yang dilakukan Google ketika memperluas ekspansi layanannya di benua hitam itu. Raksasa mesin pencari ini mengklaim ingin memerangi kemiskinan informasi di Afrika. Hal ini pun diwujudkan dengan meluncurkan sejumlah aplikasi mobile bagi para pengguna ponsel di Afrika. Pilot project dari layanan ini akan digulirkan di Uganda.

Aplikasi ini diklaim bagai memindahkan layanan web-browser ke dalam bentuk pesan teks. Sebab, aplikasi yang dinamakan Google SMS ini akan memungkinkan user mengakses informasi layaknya di PC. Google SMS terdiri dari Tips (tips), Search (pencarian) dan Trader (perdagangan).

Google SMS Tips menyediakan informasi mengenai kesehatan dan lokasi klinik, juga informasi tentang cuaca dan pertanian ke para petani. Google Search memberikan informasi apapun layaknya mesin pencari Google biasanya. Sementara Google Trader akan membantu para pedagang maupun pembeli untuk mencari atau mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Semua ini bisa diakses dengan cara mengetikkan kata pencarian lewat ponsel mereka, kemudian Google akan meresponnya dalam bentuk SMS.

Dengan Google SMS ini, raksasa mesin pencari tersebut sepertinya telah melakukan langkah yang tepat, mengingat Afrika memang memiliki penetrasi ponsel 6 kali lipat lebih tinggi daripada penetrasi internet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: